• JL. H. M Jusuf

BINGKE BERENDAM, MAKANAN KHAS YANG HANYA DI JUMPAI SAAT MAULID NABI

22 November 2020 ARIS SUSANTO Berita Desa Dibaca 96 Kali

DESA KAMPUNG MELAYU 08-11-2020. Bingke berendam adalah makanan tradisional khas tambelan yang terbuat dari telur, gula, dan santan. Untuk siap dimakan, Kue Bingke harus dipanggang, di atas api kompor bisa, di atas tungku api tempurung kelapa pun bisa, kemudian di dalam oven juga bisa.

makanan khas ini di jumpai dan lebih nikmat saat peringatan maulid nabi Muhammad SAW di tambelan. ini sudah menjadi tradisi dari jaman dulu, tak tau lah bile mulai nye tradisi ini pokoknye nenek datok kite dulu nyakap dari jaman raje dah ade tradisi ini. jumpenye pun saat peringatan maulid nabi. dan di makan secare ramai-ramai setelah melakukan sholawat2 nabi di mesjid dan surau-surau. " ungkap pak wie salah satu tokoh masyrakat desa kampung melayu yang ikut hadir dalam kegiatan maulid nabi. Bahkan banyak warga yang menganggap, tak lengkap rasanya maulid nabi tanpe adenye bingke berendam yang menjadi makanan khas orang-orang tambelan.

"Bingke adalah harus segi 6 dan berpasangan dengan pisang goreng, kalau Bingke memang agak mudah di buat, kalau untuk masaknya menggunakan arang, memang agak rumit. Karena itulah bingke menjadi istimewa saat maulid nabi. Kalau hari biase kite buat bingke memang agak lain lah perase nye tu, macam ade yang kurang," tutur nurhamida, (07/11/2020).

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar