• JL. H. M Jusuf

DIREKTUR BESERTA PENGAWAS DAN PENGELOLA UNIT USAHA BUMDES MAJU MELAYU MENDAPATKAN PELATIHAN

22 November 2020 ARIS SUSANTO Berita Desa Dibaca 57 Kali

       Tambelan 13-11-2020. Badan usaha milik desa (atau diakronimkan menjadi Bumdes) merupakan usaha desa yang dikelola oleh Pemerintah Desa, dan berbadan hukum. Pemerintah Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi Desa. Pembentukan Badan Usaha Milik Desa ditetapkan dengan Peraturan Desa. Kepengurusan Badan Usaha Milik Desa terdiri dari Pemerintah Desa dan masyarakat desa setempat.

       Jaman sekarang ini, kepala desa tidak hanya berfungsi sebagai pemberi tanda-tangan berbagai dokumen administratif dan hal-hal yang formal saja. Melainkan harus memiliki visi yang kuat, pengetahuan yang mumpuni mengenai Undang undang termasuk UU Desa, menguasai informasi terbaru mengenai potensi ekonomi desa dan memiliki kemampuan melakukan analisa terhadap berbagai peluag ekonomi baik di desa maupun di luar desanya. Dengan kata lain, sekarang ini seorang Kepala Desa harus menjadi seorang Arsitek Ekonomi Desa.

       Bergerak dari itu maka seluruh pengurus bumdes beserta pengawas dan pimpinan unit usaha mendapatkan bimbingan dari DPMD BINTAN melalui pelatihan management BUMDes desa kampung melayu. "harapannya pengelolaan dan management bumdes lebih baik lagi dan lebih profesional dalam mengembangkan ekonomi masyarakat desa kampung melayu". ujar Daron Alexander kepala desa kampung melayu saat memberikan sambutan pada pelatihan tersebut. hadir juga bapak Herry Putra seorang pensiunan pegawai negeri sipil yang sukses menjadi pengusaha. beliau memberikan motivasi dan ilmu bagaimana mengelola dan membangkitkan mental pengusaha yang baik dan benar serta dapat bersaing di dunia bisnis.

       BUMDes Maju Melayu dimaksudkan sebagai lembaga usaha yang akan mendorong produktivitas ekonomi warga desa. Menggunakan modal penyertaan dari desa, BUMDes maju melayu memiliki berbagai unit usaha yang dijadikan sebagai usaha untuk mengembangkan ekonomi masyarakat desa di tengah pandemi covid-19 ini tentu dengan melihat peluang pasar yang yang sesuai.

       BUMDes maju melayu menjalankan usaha penjualan barang suku cadang motor laut, darat, dan bahan bangunan yang dibutuhkan masyarakat yang selama ini. BUMDes maju melayu juga mendirika warung makan dan internet wifi. serta kedepan BUMDes maju melayu dibawah kepemimpinan bapak Erfandy akan mendirikan mendirikan pabrik es mini sehingga nelayan bisa mendapatkan es dengan lebih murah untuk menjaga kesegaran ikan tangakapan mereka ketika melaut.

       Maka jika BUMDes Maju Melayu benar-benar telah menjalankan tugasnya sebagai unit usaha milik desa yang menggunakan aset dan potensinya untuk menciptakan kesejahteraan desa, sudah jelas BUMDes Maju Melayu akan menjadi raksasa ekonomi yang kuat dan mandiri bagi desa kampung melayu. Itu artinya, desa ini bakal pula menjelma menjadi desa dengan kekuatan ekonomi raksasa. 

 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar